Syukur Alhamdulillah selalu kita panjatkan untuk setiap kegiatan yang telah dilaksanakan secara lancar di SMP Nusantara Krian. Pada minggu ini mulai tanggal 16 – 20 November 2020 SMP Nusantara Krian telah melaksanakan program bertajuk “ pembinaan dan konseling oleh wali kelas “. Hal ini dilakukan semata-mata karena dampak dari pembelajaran daring yang dirasa harus lebih maksimal lagi untuk proses pembelajaran ke depannya. Seperti yang kita tahu pembelajaran daring yang di diterapkan oleh pemerintah selama pandemi sungguh berdampak kepada kognitif dan psikologis siswa. Karena apa ? selama pembelajaran daring siswa sama sekali tidak bertatap muka secara langsung dengan bapak dan ibu guru, hal ini membuat siswa sedikit merasa tidak nyaman. Ketidak nyamanan siswa dikarenakan beberapa hal mulai dari : (1) terganjal saluran interet, (2) keterbatasan kuota, (3) ketidak pahaman terhada materi yang disampaikan, dan lain sebagainya. Hal ini mereka rasakan lantaran bapak dan ibu guru memberikan materi pembelajaran dengan video yang telah diunggah di youtube, namun dalam sebuah video pasti mempunyai keterbatasan dalam media nya. Sedangkan jika di kelas bapak dan ibu guru dapat dengan leluasa menjelaskan dengan berbagai model dan metode pembelajaran. Selain itu juga dapat bertatap muka secara langsung. Jika ada yang kurang jelas juga dapat ditanyakan secara langsung, jika ada yang ingin dijabarkan lebih maka dapat ditulis melalui media papan tulis agar siswa dapat dengan maksimal menerima materi yang disampaikan. Serta banyak hal lagi yang dapat dilakukan saat pembelajaran dengan proses tatap muka. Berbagai kelebihan inilah yang saat ini belum kita temukan dalam prose pembelajaran daring.

     Secara tidak langsung hal itu pun berdampak langsung dalam faktor kognitif siswa karena ketidak maksimalan materi yang di sampaikan lewat video. Selama ini siswa melakukan pembelajaran sekolah secara langsung bukan PJJ, dan siswa serta guru perlu untuk beradaptasi dalam masa ini. Dengan berbagai faktor tersebut maka sekolah mengambil tindakan dan keputusan untuk melakukan pembinaan oleh wali kelas masing- masing kepada putra – putrinya sesuai dengan kelas nya. Mulai dari kelas 7 sampai dengan kelas 9. Tentunya dengan penerapan protokol kesehatan yang maksimal. Mulai dari masuk pintu gerbang sekolah wajib untuk mencuci tangan pada watafel yang telah di sediakan, pengecekan suhu badan serta wajib menggunakan masker atau face shield. Hal ini dilakukan guna mengurangi resiko marabahya yang dapat terjadi sewaktu-waktu. Kegiatan ini dilakukan dengan jadwal yang telah dibuat oleh sekolah, tentunya sudah mendapat persetujuan dari Kepala Sekolah. Adapaun jadwal pembinaan pada SMP Nusantara Krian sebagai berikut:

 

      Dengan adanya pembinaan ini maka dharapkan siswa dan siswi SMP Nusantara Krian dapat mengambil sisi positif dan segala hal yang baik dari proses pembinaan tersebut. Serta nantinya siswa yang mungkin belum maksimal dalam proses kegiatan daring dapat lebih bersemangat dalam belajar dan dapat menjadi pribadi yang lebih rajin, disiplin dan bertanggung jawab. Karena kegiatan daring ini dapat berjalan secara maksimal dengan kerjasama yang baik antara guru, wali siswa serta siswa itu sendiri.

Semoga SMP Nusantara selalu jaya dan dapat menjadi sekolah unggulan yang lebih baik dari generasi saat ini. Salam merdeka belajar !!