Olahraga menjadi rutinitas yang wajib dilaksanakan terutama pada saat pandemi covid melanda negara kita. Mengapa harus olahraga ? yaa karena olahraga merupakan salah satu alternatif yang dapat mendukung daya tahan dan imunitasi tubuh kita. Karena pada saat olahraga kita mendapatkan asupan salah satu vitamin yang membantu tumbuh kembang imunitas kita. Coba kra-kira apa yaa vitaminnya ?

          Yuuppss…vitamin itu adalah vitamin D. Mengapa ?

     “Menurut dr. Inneke Jane, SpKK, M.Kes, vitamin D dapat diproduksi di kulit melalui reaksi fotosintesis yang dipicu oleh paparan radiasi UVB. Vitamin D adalah antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Dengan imunitas yang baik, tubuh dapat menangkal infeksi ”.

     “Di samping perannya dalam sintesis vitamin D, paparan sinar UVB maupun UVA yang berlebihan pada kulit dapat menyebabkan penurunan imunitas (kekebalan) tubuh atau imunosupresi.  Selain itu, paparan UV yang berlebih pada kulit juga dapat menyebabkan kemerahan, perih, terasa terbakar, hingga merusak melanin sehingga membuat kulit terlihat lebih gelap. Sinar UV juga mampu menembus lapisan kulit lebih dalam, dapat menyebabkan penuaan kulit yang ditandai dengan munculnya keriput dan noda atau flek hitam. Karena itu, penting untuk melindungi kulit dari sinar UV baik UVA maupun UVB “, Ujarnya.

     “Kulit yang tidak terlindungi dan mendapat paparan sinar UV yang berlebihan dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk mendeteksi dan menyerang sel ganas. Hal ini tentu bertolak belakang dengan harapan kita berolahraga yaitu untuk meningkatkan imunitas tubuh. Karenanya, bila ingin mendapat manfaat maksimal dari berolahraga outdoor, lindungi kulit. Kulit adalah pelindung terluar tubuh yang melindungi organ-organ vital manusia “, Ujarnya.

     Nah dari informasi di atas dapat kita ketahui yah guyss, bahwa olahraga sangat penting sekali untuk tubuh kita terlebih di masa pandemi. Namun harus tetap melindungi diri dari panas matahari dengan baju panjang atau penggunaan sunscream. Dan jangan lupa tetap perhatikan waktu yang tepat untuk berolahraga. Salam sehat dan tetap semangatt !!

 

WRITE By DITA RATNASARI, S.Pd