Pada minggu lalu tepatnya hari sabtu, sekolah kami telah mengadakan kegiatan sosialisasi ANBK kepada kurang lebih 100 wali siswa dari jenjang kelas 7 dan 8. Wali siswa yang hadir adalah wali siswa yang putra atau putrinya terpilih menjadi siswa yang mewakili sekolah untuk melaksanakan ANBK yang insyaAllah akan dilaksanakan secara serempak pada tanggal 4-7 Oktober 2021.

     Mengapa diadakan sosialisasi ? hal ini kami lakukan tentunya agar orang tua siswa tidak merasa bingung dengan apa yang dilakukan oleh putra-putrinya. Karena seperti yang sudah diketahui UNAS untuk jenjang sekolah baik dasar, menengah, dan atas telah ditiadakan. Kemudian diberikan opsi untuk melakukan seleksi guna mengetahui tingkat pemahaman siswa dengan cara melaksanakan ANBK. Namun ANBK ini tidak mencakup 4 mata pelajaran seperti UNAS melainkan hanya 2 jenis soal yang ditampilkan yaitu literasi dan numerasi. Literasi berhubungan dengan membaca, memahami, menemukan makna, menemukan sinomin dan menjodohkan isi teks dengan pertanyaan yang diberikan. Literasi ini mengarah sebagian besar kepada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sedangkan numerasi berhubungan dengan menghitung, menemukan, menjodohkan menggunakan rumus yang biasanya dijumpai pada mata pelajaran matematika. Sehingga dengan adanya perbedaan ini wajib kiranya sekolah memberikan pengarahan kepada wali siswa untuk memahami lebih detail apa yang sedang dilaksanakan oleh putra dan putrinya di sekolah.

     Apakah ada nilai yang keluar ? apakah sama dengan UNAS ? jika bertanya perihal nilai tentunya ada nilai yang dihasilkan dan akan keluar secara otomatis di Kementrian Pendidikan Pusat. Nilai tersebut akan keluar dengan alur, nilai turun di pusat kemudian turun ke Dinas Pendidikan yang ada di daerah masing-masing, setelah itu baru akan di transfer ke sekolah-sekolah yang melaksanakan ANBK. Namun ANBK berbeda dengan UNAS, jika di UNAS nilai yang keluar dijadikan sebagai syarat kelulusan siswa. Tetapi di ANBK nilai yang keluar akan dijadikan bahan observasi untuk kedepannya kepada siswa dan memberikan bimbingan belajar serta pendampingan kepada siswa sehingga materi yang belum dapat terserap dan tersampaikan dengan baik dapat menjadi lebih baik.

     Kiranya atas dasar inilah maka sekolah melakukan sosialiasi kepada wali siswa agar tidak ada kebingungan dan kerancuan informasi. Besar harapan kami lembaga SMP agar ANBK yang direncanakan dapat berjalan dengan baik dan sesuai harapan. Aamiin.