Pelatian Hari Pertama

    Penulisan karya ilmiah merupakan kegiatan yang sangat penting bagi seorang guru untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme sebagai pendidik.  Hal ini menjadi dasar tujuan dari Dinas Pendidikan untuk mengadakan Bimbingan Teknis terkait Penulisan Karya Tulis Ilmiah guna meningkatkan profesionalisme tersebut.

     Bimbingan Teknis Penulisan Karya Tulis Ilmiah ini diselenggarakan pada tanggal 18 dan 19 Oktober 2021 yang bertempat di SMP Negeri 4 Sidoarjo dengan diikuti kurang lebih 150 peserta  mulai dari guru Taman Kanak-kanak (TK) hingga guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Sidoarjo. .Pembukaan Bimbingan Teknis Penulisan KTI dihadiri oleh Bapak Kepala Dinas Sidoarjo Drs. Ec. Asrofi, MM, MH, dan Bapak Dhamroni Chudlori selaku Ketua Komisi D DPRD Sidoarjo.

     Pada pelatian hari pertama bersama dua narasumber yaitu Bapak H. Aditya Nindyatman dan Bapak Aris Setiawan. Bapak H. Aditya Nindyatman menjelaskan terkait Petunjuk Teknis Operasional Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah daerah yang mencakup unsur-unsur yang terdpat dalam KTI, Ragam atau jenis KTI, serta hal-hal yang menyebabkan kurangnya penulisan KTI dilingkungan para pendidik. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2014.

     Disamping itu, Bapak Aris Setiawan juga menjelaskan terkait bentuk-bentuk dari Karya Tulis Ilmiah (KTI) dan penulisan daftar pustaka yang baik dan benar. Selain itu, penelitian dihari pertama juga telah disampaikan oleh narasumber bahwa peserta nantinya akan membuat suatu produk KTI yang berupa Artikel best practice atau artikel terkait sebuah gagasan solusi terhadap suatu permasalahan yang terdapat pada dunia pendidikan terutama dalam proses pembelajaran di sekolah.

Pelatian Hari Kedua

   Pada hari kedua tanggal 19 Oktober 2021 bersama dengan Bapak Drs. Abdul Basith Bahur, M.Pd. selaku narasumber pada pelatian kedua ini. Beliau menjelaskan secara detail terkait prosedur dalam menyusun artikel ilmiah populer yang nantinya akan digunakan para peserta sebagai produk dalam pelatian ini. Karya Tulis Ilmiah memiliki berbagai macam bentuk salah satumya yang dibahas pada pelatian kali ini adalah terkait Artikel Ilmiah Populer. Artikel ilmiah populer merupakan artikel ilmiah yang ditulis dengan gaya bahasa yang populer (bahasa media atau bahasa jurnalistik) untuk dimuat di media massa seperti surat kabar, majalah, tabloid, media online, dan lain sebagainya. Artikel jenis inilah yang nantinya akan dijadikan produk KTI bagi setiap peserta pelatian. Dan topik yang diberikan terkait best practice yang telah dilakukan dalam proses pembelajaran.

     Pelatian kedua ini tentunya juga sangat menarik karena penyampaian dari Bapak Drs. Abdul Basith Bahur, M.Pd. yang begitu jelas dan memahamkan.  Disamping itu beliau juga memberikan contoh atau sikap-sikap baik disela-sela menjelaskan materi. Salah satunya beliau menuturkan bahwa guru adalah sebagai tauladan untuk anak didiknya, maka dari itu, seorang guru harus selalu menerapkan lima hal baik dalam kegiatan belajar mengajar yaitu diantaranya selalu mengucapkan kata-kata terima kasih, mohon maaf, silakan, permisi, dan tolong.

   Selain itu, beliau juga memberikan kesempatan kepada para peserta yang sudah menyusun artikel sebelumnya untuk disampaikan di depan umum agar dapat menjadi pembelajaran bagi peserta lainnya.

“Tiada kata lelah untuk belajar dan tiada kata mengeluh jika kita mau terus berusaha dan berdoa”