Hari Santri Nasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Sejarah hari santri ini tidak lepas dari perjuangan Bangsa Indonesia dalam usaha memperjuangkan semangat jihad untuk kemerdekaan bumi pertiwi.

         Selain itu sejarah hari santri yang dikutip dari website resmi NU, menerangkan bahwa hari santri ini merujuk pada peristiwa bersejarah yakni seruan yang dibacakan oleh pahlawan nasional KH. Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 Oktober 1945. Bentuk semangat jihad ini sebagai upaya untuk mempertahankan NKRI dari serangan Belanda yang diboncengi NICA (Netherlands Indies Civil Administration).

           Atas segala perjuangan para pahlawan yang berasal dari semua kalangan yang bersatu untuk keadilan hak merdeka bagi Indonesia, dengan Izin Tuhan Yang Maha Esa, Negera Indonesia bisa mendapatkan kebebasannya untuk mengatur negaranya sendiri. Hal ini juga dirasakan oleh para santri yang turut mengorbankan jiwa dan raganya. Maka dari itu untuk menghargai jasa para santri ditetapkanlah setiap tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional oleh pemerintah Indonesia.

         Dan pada hari ini Jumat 22 Oktober 2021 SMP Nusantara Krian memperingati Hari Santri Nasional dengan melakukan kegiatan istighosah bersama peserta didik. Dengan harapan agar perjuangan para pahlawan mendapatkan ridho Allah dan ditempatkan ditempat terbaik disisi-Nya. Selain itu, dengan adanya peringatan Hari Santri ini diharapkan peserta didik dapat menghargai jasa para pahlawan dan memiliki rasa tanggung jawab sebagai generasi pemuda bangsa untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan belajar sungguh-sungguh dan diimbangi dengan ketaatan kepada Tuhan Yang Maha Esa.