Sekolah SMP Nusantara krian hari Sabtu, tanggal 6 November 2021 selama kurang lebih 5 jam seluruh dewan guru mengikuti workshop pendidikan untuk pembuatan rancangan pembelajaran (rpp), dengan bantuan narasumber yaitu Bu Liza, S.Pd., M.M., M.Pd. Sekaligus pengawas SMP Nusantara Krian memberikan informasi terkait RPP pembelajaran berbasis literasi. Pada dasarnya RPP disemua mata pelajaran dapat disisipkan literasi, namun tidak semua pelajaran dapat menggunakan sistem numerasi.

     Program sekolah penggerak membuat guru harus mau berinovasi dan berkembang pada proses pembelajaran. Dan SMP Nusantara adalah salah satu sekolah penggerak yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Termasuk dalam pembuatan RPP. Literasi digunakan untuk mengajak siswa mau membaca dan membudayakan membaca agar mendapatkan ilmu yang lebih baik. Dalam RPP Literasi akan ada namanya pra , saat membaca dan pasca membaca. Semua hal itu akan terdapat pada RPP berbasis literasi.

   Dari workshop tersebut kita sebagai guru mendapatkan banyak pembelajaran, mulai dari belajar membuat RPP yang kekinian mengikuti program pemerintah, belajar membudayakan membaca, semakin memahami bahawa RPP sangat berguna untuk pemetaan pembelajaran agar kita tidak terlalu melebar dalam memberikan materi kepada siswa sampai pentingnya kegiatan membaca agar mencetak produk generasi penerus bangsa yang tidak kalah bersaing dengan negara lain di dunia. Karena pada dasarnya guru adalah tonggak kepercayaan orang tua dan siswa dalam mendapatkan ilmu.

   Semoga dengan adanya workshop pembuatan RPP berbasis literasi ini dapat menjadikan guru SMP Nusantara krian semakin berkembang dan pembelajaran siswa di kelas dapat berjalan lebih inovatif, efektif dan kreatif agar siswa semakin rindu dan ingin aktif berada di sekolah untuk belajar.