Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan IPTEK saat ini telah mendominasi di setiap bidang kehidupan salah satunya di bidang pendidikan. Hal ini akan memberikan tantangan dan peluang bagi operasional sistem pendidikan yang ada. Sistem pendidikan bermodel masyarakat informasi menjadi ciri sekolah yang efektif.

Sekolah efektif yakni sekolah yang mengatur dan memanfaatkan seluruh sumber daya untuk menjamin semua peserta didik mempelajari kurikulum esensial tanpa memandang latar belakang peserta didik itu sendiri. Maka dari itu, sekolah harus dapat merancang kurikulum yang sesuai dengan kondisi sekolah dan juga peserta didik.

SMP Nusantara Krian mengikuti pelatian pengembangan sekolah efektif selama tiga hari mulai dari tanggal 2 – 4 Juni 2022 yang bertempat di SMP Negeri 3 Krian. Selain SMP Nusantara Krian, pelatian ini juga diikuti oleh lima sekolah lainnya diantaranya SMP Al-Ahmad Krian, SMP Bilingual, SMP Pancasila Krian, SMP Al-Izza Krian, dan SMP Negeri 3 Krian.

Pelatian yang berlangsung selama tiga hari itu membahas beberapa materi diantaranya membangun karakter belajar, proses pengembangan kurikulum, dan perencanaan pembelajaran berbasis minat dan bakat. Materi tersebut disampaikan oleh dua pembicara yaitu Ibu Ratna Diyah Mustika, S.Pd., M.Pd. dan Bapak Aris Setiawan, M.Pd. Pada setiap kali pertemuan terdapat projek yang harus diselesaikan dan di presentasikan. Begitu pula dengan hari terakhir pelatian dimana setiap sekolah harus mempraktikkan kegiatan mengajar menggunakan pembelajaran yang berbasis minat dan bakat.

Dengan adanya pelatian ini semoga SMP Nusantara Krian dapat menerapkan kurikulum merdeka dengan baik.