Semua umat muslim menyambut dengan bahagia perayaan idul adha tahun ini, setelah adanya pandemi tiga tahun terakhir. Begitupun dengan keluarga besar SMP Nusantara Krian yang sangat gembira menyambut kemeriahan Idul Adha 1443 H dengan melaksanakan Sholat Ied bersama di sekolah. Shalat bersama ini diikuti oleh semua keluarga besar dan siswa-siswi SMP Nusantara Krian pada Minggu, 10 Juli 2022.

Shalat Idul Adha di SMP Nusantara Krian berlangsung lancar bersama dengan imam dan khatib yang telah ditunjuk oleh sekolah sebelumnya. Bapak Nurul Fathurozi, S.Ag sebagai Imam dan Bapak Akhmad Safikhur Rofik, S.T sebagai khatib.

Semua siswa mendengarkan dengan baik tentang khutbah yang disampaikan oleh Bapak Rofik yakni tentang keutamaan Haji. Beliau menyampaikan Keistimewaan Dzulhijjah ditandai antara lain dengan adanya ibadah-ibadah tertentu yang tidak mungkin dikerjakan umat Islam di bulan-bulan lainnya, yakni haji dan kurban. Haji merupakan rukun Islam yang kelima. Karena masuk rukun atau pilar, ibadah ini tentu bukan ibadah yang remeh. Ia wajib dilaksanakan oleh setiap orang yang mampu. Dengan bahasa lain, ketika seseorang sudah memiliki biaya yang mencukupi, kesehatan fisik yang memadai, dan kondisi aman yang memungkinkan ia sampai ke Tanah Suci, maka ia wajib melaksanakan ibadah tersebut. Makna ibadah haji meliputi Makna tauhid, napak tilas sejarah kenabian, dan makna kemanusiaan.
Harapan kami semoga kegiatan bersama ini dapat terlaksana pada sholat Idul Adha tahun berikutnya.