Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. SMP Nusantara Krian mengikuti rangkaian kegiatan ANBK, mulai dari kegiatan gladi bersih hingga pelaksanaan. Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi kelas 8, sebanyak 45 peserta utama dan 5 peserta cadangan dipilih secara acak oleh sistem. ANBK mengujikan berbagai jenis soal mulai dari literasi, numerasi, survei karakter, dan survei lingkungan belajar.

Kegiatan gladi bersih dilakukan selama 2 hari yaitu 12-13 September 2022, gladi bersih penting sekali diikuti oleh peserta didik karena diharapkan mampu melihat kekurangan dan kendala yang dihadapi sebagai bahan evaluasi. Pelaksanaan ANBK dilaksanakan secara online selama 2 hari yaitu 19-20 September 2022. Kegiatan ini dilakukan dalam 2 sesi dalam sehari, sesi pertama dimulai pukul 07.30 – 09.40 dan sesi kedua pada pukul 10.40 – 12.50 dengan menggunakan fasilitas sekolah berupa 2 lab komputer.

Hari pertama jenis soal yang diujikan bermodel literasi dan survei karakter dan hari kedua jenis soal yang diujikan bermodel numerasi dan survei lingkungan belajar. Selama 2 hari berturut-turut kegiatan ini diawasi oleh pengawas silang yang berasal dari SMPN 2 Krian yaitu Ibu Dyah Wahyuningsih, S.Pd, Ibu Pipit Sulistyo Wardhani, S.Pd, Bapak Abdilah Ferdiansyah, S.Pd dan Bapak Abdilah Ferdiansyah, S.Pd.

ANBK hari pertama dan kedua di SMP Nusantara Krian berjalan dengan lancar dan tertib. Semua peserta ANBK, pengawas, proktor, dan teknisi ANBK menerapkan protokol kesehatan yang berlaku seperti, menggunakan masker, menjaga jarak, dan menggunakan hand sanitizer. Harapan dengan diadakan ANBK sebagai momen evaluasi kegiatan belajar mengajar serta karakter belajar tiap siswa- siswi SMP Nusantara Krian.