Lomba Tingkat atau biasa disingkat LT adalah pertemuan pramuka tingkat penggalang dalam bentuk perlombaan sekolah formal. Kegiatan ini dikhususkan untuk pramuka tingkat penggalang yang terdapat perlombaan antar regu. LT memiliki beberapa tahapan yaitu LT I dan LT II. LT I merupakan lomba ditingkat gugus depan sedangkan LT II lomba yang diselenggarakan ditingkat ranting / kwartir ranting (kecamatan) yang diikuti oleh regu-regu perwakilan gugus depan.

SMP Nusantara Krian mengikuti LT II tingkat kwarran Krian yang diadakan pada 16-18 September 2022. Kegiatan ini diselenggarakan di Bumi Perkemahan Sasana Krida Jatijejer, Trawas. Lombaa tingkat penggalang ini diikuti oleh 21 regu penggalang putra dan 24 regu penggalang putri dari SD/MI serta 5 regu penggalang putra dan 5 regu penggalang putri, sehingga total ada 55 regu pramuka penggalang yang ikut berpartisipasi dalan kegiatan Lomba Tingkat II.

Kegiatan yang dilombakan sebanyak 35 jenis diantaranya, administrasi regu, yel-yel berjalan, memasak, hasta karya, membuat minuman tradisional, melukis, paduan suara, pidato, puisi, sandi, morse, semaphore, tali temali, kompas, pioneering, menaksi, jingle, dance semaphore, ketangkasan, ranking I, sket panorama, packing I (putra), packing II (putri), packing II (putra), packing II (putri), bivak (putra), bivak (putri), senam pramuka jilid II (putra), senam pramuka jilid II (putri), kebersihan tenda (putra), kebersihan tenda (putri), TTG, PUPP, P3K, KIM, dan PBB.

Alhamdulilah SMP Nusantara mendapatkan juara 3 dalam lomba tingkat II 2022 penggalang  se-kwartir ranting Krian. Harapan kami setelah mendapatkan juara ini mampu meningkatkan lagi serta mengevaluasi hasil yang sudah dicapai.