Maulid Nabi diperingati sebagai hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yakni 12 Rabi’ul Awal tahun Gajah. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan momen bagi umat muslim sebagai bentuk ungkapan rasa senang dan syukur atas diutusnya Nabi Muhammad SAW ke dunia. Perayaan maulid tidak hanya menjadi perayaan seremonial, ajang gengsi, dan ajang perbaikan gizi akan tetapi perayaan maulid menjadi momentum untuk membangkitkan semangat dan kecintaan kepada Rasulluah SAW. Bentuk dan cara pengungkapan perayaan ini berbagai macam misalnya, mengadakan lomba, pawai obor, dan tasyakuran.

SMP Nusantara Krian memeriahkan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan mengusung tema “Meneladani Akhlak Rasulullah yang Cerdas dan Berakhlak Karimah di Era Modern”. Peringatan ini dirayakan dengan lomba adzan dan at-tartil, kedua lomba ini diadakan selama 5 hari dengan alur sebagai berikut. Hari pertama dan kedua wali kelas memberi imbauan jika masing-masing kelas wajib berpartisipasi dalam tiap lomba minimal mengirim 3 peserta, selanjutnya pendaftaran dilakukan oleh wali kelas kepada nara hubung lomba yakni Bapak Nurul Fathurozi, S.Ag. Agenda selanjutnya di hari ketiga yaitu technical meeting (TM), dalam kegiatan ini peserta dijelaskan mengenai tata cara petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis lomba. Hari keempat merupakan diadakannya lomba at-tartil, sebelum kegiatan ini dimulai Bapak Subkhan, S.Pd. I selaku kepala sekolah membuka acara yang dilanjut dengan kegiatan lomba at-tartil yang dinilai langsung oleh Ibu Ayu Aprilia Rochmawati, S.Pd dan Ibu Fika Fabillah, S.Pd selaku juri. Lomba at-tartil diikuti oleh 83 peserta. Lomba yang diadakan di hari kelima yaitu lomba adzan. Lomba ini diikuti oleh 87 peserta dangan juri Bapak Nurul Fathurozi, S.Ag dan Bapak Akhmad Safikhur Rofik, ST.

Sabtu, 15 Oktober 2022 merupakan puncak acara rangkaian kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Kegiatan ini dibuka dengan bacaan Sholawat Nabi oleh Grup Banjari SMP Nusantara Krian, selanjutnya Ibu Fika Fabillah, S.Pd sebagai pembawa acara membacakan susunan acara yang harus diikuti oleh peserta. Pengumuman lomba adzan dan at-tartil disampaikan di atas panggung oleh pembawa acara. Hadiah berupa sertifikat dan uang tunai diberikan langsung oleh Ibu Dra. Eniek Dwi Astutiek. Kegiatan selanjutnya yakni penampilan pemenang lomba at-tartil dan adzan yang dilanjut dengan pembacaan sholawat berupa pembacaan diba’ beserta mahallul qiyam, ya nabi salam ‘alaika dan ya badrotim. Acara utama dibuka oleh Bapak Subkhan, S.Pd. I beliau menyampaikan adab

Kegiatan ini menghadirkan Ustadz Ansori Acong Prayog selaku penceramah pada kegiatan maulid kali ini. Beliau merupakan alumni dari UIN Sunan Ampel Surabaya. Pembawaan yang menarik oleh Beliau mampu membawa suasana maulid menjadi semakin meriah. Metode dakwah yang unik dengan menggunakan alat peraga boneka sangat diminati oleh peserta didik SMP Nusantara Krian.