Hidroponik adalah teknologi bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah namun menggunakan air dan larutan nutrisi yang dibutuhkan tanaman sebagai media tumbuh. Selain air dan larutan nutrisi, hidroponik juga menggunakan media tanam lain seperti rockwool, arang sekam, zeolit, dan berbagai media yang ringan dan steril lainnya. Hidroponik merupakan salah satu sistem budidaya yang populer dikalangan masyarakat khususnya di daerah perkotaan, karena sistem budidaya ini tidak menggunakan tanah sebagai media tanamnya sehingga sistem bercocok tanam secara hidroponik dapat memanfaatkan lahan yang sempit.
Pembelajaran Hidroponik ini merupakan implementasi dari Kurikulum Merdeka yaitu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. SMP Nusantara Krian mengambil tema Gaya Hidup Berkelanjutan yang diikuti oleh kelas 7. SMP Nusantara Krian melakukan penanaman Pak Coy.
Kali ini, kami bekerja sama dengan pihak kedua yaitu pemilik Hidroponik Bapak Gatot Subroto.
Anak-anak melakukan pembelajaran secara langsung dengan Beliau. Hal ini bertujuan, agar anak-anak memliki kesiapan dan bekal sebelum melakukan penanaman Hidroponik di Green House SMP Nusantara Krian.
Kegiatan ini berlangsung kurang kebih 2 bulan. Dengan tujuan akhir peserta didik dapat memahami cara menanam tanaman Hidroponik dan dapat bersosialisasi dengan masyarakat melalui penjualan hidroponik.