Di SMP Nusantara Krian, kegiatan rutin istighotsah setiap hari Jumat telah menjadi salah satu tradisi yang dijalankan dengan penuh keikhlasan dan semangat. Istighotsah merupakan momen yang sangat dinantikan oleh siswa, guru, dan staf, di mana mereka berkumpul untuk memperkuat koneksi spiritual dan memohon keberkahan kepada Allah SWT. Kegiatan ini tidak hanya memperkuat kehidupan beragama di sekolah, tetapi juga membentuk karakter dan memperkuat ikatan sosial di antara seluruh komunitas sekolah.

Setiap hari Jumat, suasana di SMP Nusantara Krian berubah menjadi lebih khusyuk dan penuh rasa spiritualitas. Semua siswa berkumpul di Lapangan sekolah setelah pelajaran selesai. Mereka memadati ruangan dengan hati yang tulus dan penuh harapan. Kegiatan dimulai dengan pembacaan Asmaul Husna, Bacaan Istighotsah, yang membawa ketenangan dan kekhusyukan bagi seluruh hadirin.

Kegiatan istighotsah di SMP Nusantara Krian memiliki manfaat yang besar bagi siswa dan staf. Pertama, istighotsah menjadi wadah untuk memperkuat kehidupan spiritual siswa. Melalui doa dan refleksi, siswa diajak untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, meningkatkan kesadaran akan pentingnya agama dalam kehidupan sehari-hari, dan mengembangkan nilai-nilai kebajikan seperti kejujuran, kepedulian, dan kesederhanaan.

Kedua, kegiatan ini juga memperkuat ikatan sosial di antara seluruh komunitas sekolah. Saat berkumpul dalam istighotsah, siswa dan staf saling mendukung dan berbagi pengalaman. Hal ini menciptakan lingkungan yang harmonis dan memperkuat rasa persaudaraan di antara mereka. Selain itu, kegiatan ini juga membantu siswa dalam menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan dengan dukungan spiritual dan sosial dari teman-teman sejawat.

Ketiga, kegiatan istighotsah di SMP Nusantara Krian membantu membentuk karakter siswa. Mereka diajarkan untuk menjadi pribadi yang rendah hati, sabar, dan saling tolong-menolong. Hal ini membantu siswa untuk tumbuh menjadi individu yang bertanggung jawab dan bermanfaat bagi masyarakat.

Terakhir, kegiatan rutin istighotsah juga memberikan dampak positif pada lingkungan sekolah secara keseluruhan. Selain menciptakan lingkungan yang harmonis, kegiatan ini juga dapat meningkatkan prestasi akademik siswa. Dengan adanya kegiatan spiritual seperti istighotsah, siswa cenderung menjadi lebih fokus, termotivasi, dan memiliki konsentrasi yang baik dalam belajar.

Dalam kesimpulannya, kegiatan rutin istighotsah setiaphari Jumat di SMP Nusantara Krian adalah momen yang penuh makna dan berdampak positif bagi seluruh komunitas sekolah. Melalui kegiatan ini, siswa dan staf dapat memperkuat koneksi spiritual, memperkaya kehidupan beragama, membangun ikatan sosial, membentuk karakter, dan meningkatkan prestasi akademik. Istighotsah di SMP Nusantara Krian menjadi sarana yang penting dalam membentuk pribadi yang beriman, bertanggung jawab, dan bermanfaat bagi masyarakat.