Takjil berasal dari bahasa Arab ‘ajila yang artinya menyegerakan, mengacu pada kebiasaan mempercepat berbuka puasa sebagaimana yang dianjurkan dalam ajaran Islam.  Kegiatan war takjil menjadi salah satu kegiatan yang ditunggu-tunggu  seluruh umat  menjelang berbuka pausa. Hal ini menjadi kebiasaan di bulan suci Ramadhan.

Osis Spenuska memeriahkan bulan suci Ramadhan dengan mengadakan bagi-bagi takjil yang dilaksanakan pada tanggal 30 Maret 2024. Kegiatan berbagi takjil ini di persiapkan mulai pukul 15:20. Terdapat pembukan dan arahan dari kepala SMP Nusantara Krian, waka kesiswaan dan humas serta Pembina osis.

Kegiatan ini di lakukan di depan gerbang sekolah SMP Nusantara Krian dan di seberang jalan lebih tepatnya tempat fotocopy. Anggota osis di bagi menjadi dua kelompok untuk membagikan takjil dan brosur PPDB SMP Nusantara Krian. Kegiatan berbagi takjil berjalan dengan lancar walau menghambat jalan lalu lintas yang berada di depan sekolah.

Menjelang berbuka ada kultum yang disampaikan  oleh Bapak Nurul Fathurozi S.Ag. Dilanjutkan dengan  berbuka  puasa bersama dengan segelas air putih dan kurma. Di lanjutan dengan sholat magrib berjamaah. Setelah makan Bersama, seluruh anggota OSIS dan bapak dan ibu guru yang lain. Lalu dilanjutkan dengan sholat isya’ dan sholat traweh berjamaah yang diimami oleh Bapak Nurul Fathurozi S.Ag.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk pembelajaran bagi siswa-siswi  tentang berbagi, toleransi, dan pembelajaran karakter sosial bagi para siswa-siswi. Bermanfaat untuk meningkatkan keimanan dan keberkahan di bulan suci Ramadhan. Setidaknya dapat memberikan pahala kepada kita semua