Panen Raya di Green House SMP Nusantara Krian

Pada hari Selasa, 9 Juli 2024, siswa-siswi SMP Nusantara Krian melakukan panen untuk tanaman pak coy yang mereka budidayakan dengan sistem hidroponik. Kegiatan panen ini merupakan salah satu rangkaian program pendidikan lingkungan hidup yang dijalankan oleh sekolah.

Sistem hidroponik yang diterapkan di SMP Nusantara Krian menggunakan metode Nutrient Film Technique (NFT). Dalam sistem ini, tanaman ditanam pada saluran yang dialiri larutan nutrisi secara terus-menerus. Hal ini memungkinkan akar tanaman untuk menyerap air dan unsur hara yang dibutuhkan untuk pertumbuhan secara optimal.

“Kami sangat senang dapat melakukan panen hari ini. Proyek hidroponik ini tidak hanya mengajarkan siswa-siswi kami tentang budidaya tanaman, tetapi juga pentingnya menjaga lingkungan,” ujar Ibu Puspita Rini , guru pembimbing kegiatan ini.

Para siswa tampak bersemangat saat memanen hasil tanaman mereka. Dengan hati-hati, mereka memotong daun pak coy yang sudah siap panen. Hasil panen ini nantinya akan diperjual belikan sekolah.

“Saya senang bisa terlibat dalam proyek hidroponik ini. Selain mendapatkan pengalaman baru, kami juga bisa menikmati hasil panen kami sendiri,” ungkap salah seorang siswa kelas 8 yang berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Melalui program budidaya hidroponik ini, SMP Nusantara Krian berharap dapat menanamkan kesadaran lingkungan pada para siswa sejak dini. Selain itu, sekolah juga berencana untuk mengembangkan program ini lebih lanjut agar dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi warga sekolah.

Leave a Reply