Tradisi Halal Bihalal merupakan salah satu momen yang sangat dinanti-nantikan dalam kalender budaya Indonesia. Tidak hanya di lingkungan keluarga atau masyarakat, tradisi ini juga dilakukan oleh sekolah, madrasah dan pondok pesantren. Hal ini dilakukan untuk saling bermaaf-maafan dan mengugurkan kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan.

Para siswa-siswi mulai dari kelas 7, 8 dan 9 dikumpulkan di lapangan SMP Nusantara Krian.  Terdapat pembukaan acara yang disampaikan oleh Ibu Riza Oktiviana, S.Pd, sesudah pembukaan terdapat sambutan yang disampaikan oleh kepala  SMP Nusantara Krian, ibu Beny Wahyu Wulandari S.Pd. dan sambutan dari waka kesiswaan serta waka prasarana.

Bapak ibu guru beserta staff SMP Nusantara Krian berbaris secara horizontal di depan para siswa-siswi. Diikuti para siswa-siswi berbaris secaran berurutan sesuai kelas yang dimulai dari kelas 7, 8, dan 9 untuk bersalam-salaman dengan bapak ibu guru beserta staff yang berada di depan.  Setelahnya para siswa-siswi Kembali ke kelas masing-masing yang sudah diarahkan oleh bapak Bambang Sugiono S.Pd.

Tujuan dari kegiatan halal bihalal ini adalah untuk mempererat tali persaudaraan dan tali silaturahmi antara siswa dan guru yang ada di  SMP Nusantara Krian, serta meningkatkan kualitas diri untuk meraih kemenangan pada suasana Hari Raya Idul Fitri.